Rangakain Aksi Teror Mabes Polri dan Bom Makassar, Nasir Abbas: Kesamaan Pengkafiran

988 Ditonton 209 rb

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serangan di Mabes Polri terjadi hanya 3 hari setelah bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar dan berurutan dengan penggerebekan dan penangkapan terduga teroris oleh polisi di sejumlah wilayah di tanah air.

Mantan Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah sekaligus mantan napi terorisme Nasir Abbas mengatakan, ada kesamaan paham antara wanita yang melakukan aksi penembakan di Mabes Polri dengan pelaku bom Makassar.

Menurut Nasir, mereka sama-sama memiliki paham pengkafiran.

"Mereka mengkafirkan muslim yang lain, dan mereka menganggap bahwa pemerintah adalah kafir yang menjadi musuh mereka." ujar Nasir.

Nasir menyebut, aksi bom di depan Gereja Katedral Makassar telah memicu rasa kemarahan pelaku penyerangan Mabes Polri dan kemudian pelaku merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu.

Pengamat terorisme dari Universitas Indonesia Stanislaus Riyanta melihat, peristiwa di Makassar adalah triger untuk pelaku yang lain.

Menurut Riyanti, hal itu dikarenakan adanya kemiripan dari narasi surat wasiat yang ditinggalkan pelaku penyerangan Mabes Polri.

Kepela BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, pelaku penyerangan Mabes Polri dan bomber di Makassar memiliki kesamaan ideologi terorisme, ideologi yang mengedepankan kekerasan, intoleransi, dan punya cita-cita mati syahid dengan cara bunuh diri.

Komjen Boy Rafli menegaskan, kondisi seperti ini harus di waspadai, karena virus radikal intoleransi telah masuk dalam kehidupan masyarakat dan didominan melalui seluran media sosial.

Komentar

  1. oracle _2010
    oracle _2010
    Bulan Yang lalu

    Yang saya tak habis pikir, kenapa gunakan senjata mainan spt itu utk menyerang tempat spt Mabes Polri? Kalau memang niat melakukan teror, di masa sekarang ini senjata mematikan tersedia dimana-mana, virus COVID-19 yang mematikan merupakan senjata yang poten untuk melakukan bioterorisme. Kenapa malah gunakan airgun yang bahkan tidak mematikan dengan risiko mengorbankan nyawanya..? Dia jelas sadar aksinya menggunakan airgun bisa berakibat nyawanya hilang, karenanya dia sudah meninggalkan surat wasiat. Ada motif apa sebetulnya di balik ini semua?

  2. Rizki Rama
    Rizki Rama
    Bulan Yang lalu

    Memang kalo teroris semakin banyak lebih baik bila ditangkap langsung ditembak mati aja tidak usah banyak bicara

  3. Ye2n Manutd
    Ye2n Manutd
    2 bulan yang lalu

    Ciri2 salafi wahabi bgt deh πŸ˜†

  4. Anita Yohanes
    Anita Yohanes
    2 bulan yang lalu

    Keyakinan koyol bkn dpt sorga neraka ada

  5. Tamin Akeh
    Tamin Akeh
    2 bulan yang lalu

    UU

  6. EXT β€’ Grizzly
    EXT β€’ Grizzly
    2 bulan yang lalu

    Maaf sebelumnya,, bukannya saya sok pintar masalah politik, Untuk Pemerintah.. tolong Hukum aja koruptor.. tuh

  7. EXT β€’ Grizzly
    EXT β€’ Grizzly
    2 bulan yang lalu

    Yg memfoto pelaku siapa ya ?

  8. Roni Paray44
    Roni Paray44
    2 bulan yang lalu

    Maka dari itu baca lah baik2 jangan salah tafsir.

  9. Nopi Salimah
    Nopi Salimah
    2 bulan yang lalu

    Bpk2 Polisi dan TNI jangan sampai kecolongan pak...tetap siaga...karena mereka selalu mengintip dan selalu cari2 kelengahan aparat pemerintah...SIAGA TERUS PAK...

  10. The Enemy of my enemy is my friend
    The Enemy of my enemy is my friend
    2 bulan yang lalu

    mohon selanjutnya untuk para teroris untuk mengebom pasar tomohon terimakasih

  11. Siti Azhara Saraswaty
    Siti Azhara Saraswaty
    2 bulan yang lalu

    Masuk surga jg kaga, malah dijadiin meme GTA

  12. Apin Channel
    Apin Channel
    2 bulan yang lalu

    Tembak Mati aja dah

  13. Lina Gultom
    Lina Gultom
    2 bulan yang lalu

    Pak Polisi...kami bangga dgn ketangkasan dan sikap yg tegas terhadap teroris, salut utk Polisi/Kapolri.. We love you....

  14. julius yudianto
    julius yudianto
    2 bulan yang lalu

    Mantap deh, cm yg saya heran kalo begini cepet penanganannya, kalo sebiji harun masiku gmn boss? Jangan2? Tau ah gelap.

  15. Fancy Mara
    Fancy Mara
    2 bulan yang lalu

    Apakah saat ini ada saksi yg bisa membuktikan bahwa teroris masuk surga????

  16. bogem ece350
    bogem ece350
    2 bulan yang lalu

    Berbuat baik tentu hasilnya juga baik, berbuat tdk baik tentu hasilnya juga tdk baik, itu pilihan mau yg mana ?

  17. Thomas Ngewang
    Thomas Ngewang
    2 bulan yang lalu

    Polri harus ikuti orang orang yg komennya mendukung kegiatan ini perlu dicurigai dan ikuti kegiatannya

    1. Aitarak 1981
      Aitarak 1981
      Bulan Yang lalu

      mereka hanya sekedar simpatisan dan mereka inilah yang membuat teror di indonesia tetap ada. karna mereka tidak mau atau dilarang membuka aib kesalahan saudara seiman.

  18. Gergoi na
    Gergoi na
    2 bulan yang lalu

    Selagi pasenteren pasentern buka maka siap siap saja teroris akan berkembang biak.

  19. Cahaya Terang
    Cahaya Terang
    2 bulan yang lalu

    Gobloknya dia mati konyol sia sia dan masuk neraka lagi, mau aja di cuvi otaknya

  20. Ueroaitalfuoubnmirifronebtamha
    Ueroaitalfuoubnmirifronebtamha
    2 bulan yang lalu

    Ngeri.. Ideologi Radikal... Menyebar. Ya harus di cegah.

  21. TOROH TV
    TOROH TV
    2 bulan yang lalu

    Usul pak jika pemerintah mengaitkan bom bunuh diri dengan suatu kelompok atau golongan maka pemerintah telah masuk dalam perangkap mereka. Mf y cuma analisa pak

    1. Alexis Zurex
      Alexis Zurex
      2 bulan yang lalu

      ya cuma 1 kelompok.... teroris.....

  22. TOROH TV
    TOROH TV
    2 bulan yang lalu

    Jika pelakunya orang yang taat pada Allah maka saya tidak yakin jika NKRI yang di inginkan

  23. Kakak Pertama
    Kakak Pertama
    2 bulan yang lalu

    Mending ndlok upin ipin dari pada ndlok brita ngeneki.....

  24. Ade Nedi
    Ade Nedi
    2 bulan yang lalu

    Jangadulu.ditembak.supaya.cari.teroris.lainya

  25. Ade Nedi
    Ade Nedi
    2 bulan yang lalu

    Ditanya.pak.polisi.biar.dapat.teroris.semuanya

  26. raja adil
    raja adil
    2 bulan yang lalu

    Pengen dah denger, yg bom bunuh diri saat persidangan rijik... Terus si bomber man nya duduk deket rijik sama hanoman.....

  27. Jefrianus Boleng
    Jefrianus Boleng
    2 bulan yang lalu

    bersatu kita kuat

  28. Momoza Elbillah Channel
    Momoza Elbillah Channel
    2 bulan yang lalu

    Yang Ikut TERORISME diantaranya karena tidak ada pekerjaan tetap, ketika kepepet UANG ikut KELOMPOK begituan dengan iming UANG dan SYURGA.. Yuuk kita Apresiasikan UU Cipta Kerja agar tercipta lapangan kerja seluas-luasnya di Indonesia agar rakyatnya semakin sejahtera, cerdas dalam ikut suatu kelompok dll

  29. afsana mirah
    afsana mirah
    2 bulan yang lalu

    Hati-hati dengan pikiran. Sekali ajaran tertanam, susah setengah mati untuk diubah. Hidup mati kita ditentukan dari pikiran dan apa yg kita percayai

  30. reno oreanok
    reno oreanok
    2 bulan yang lalu

    kan teroris perempuanya masih perawan pak,,,,,belum tahu panjang dan gedenya rudal,,,,,,,,,

  31. Muhamad Yusuf
    Muhamad Yusuf
    2 bulan yang lalu

    Inginnya mencari jalan pintas kesurga sebegitu yakinnya mereka .... Pdhl bila ternyata tafsir mereka salah bukannya surga malah neraka yg didapat...

  32. nacaalykar
    nacaalykar
    2 bulan yang lalu

    sumpah ortu gw seneng bat ama si r belakang q

  33. nacaalykar
    nacaalykar
    2 bulan yang lalu

    ILMU KOK DITINGGALIN DEMI MEMBELOK YG SALAH

  34. Mayosu Loyard
    Mayosu Loyard
    2 bulan yang lalu

    Suka mengkafirkan orang lain, kekafirannya sendiri tidak diperhatikan.

  35. Arnold Go
    Arnold Go
    2 bulan yang lalu

    efek riziq masuk penjara jdix gne kroco2x ngamuk

    1. Hj makmum Alawia
      Hj makmum Alawia
      2 bulan yang lalu

      Teroris gk ada hubunganya dengan ajaran rijik broo jangan hoax ya ...mulutmu...

  36. Hary Wiyata
    Hary Wiyata
    2 bulan yang lalu

    Putuskan jalur dana nya

  37. teguh nurhidayat
    teguh nurhidayat
    2 bulan yang lalu

    Lah omong kosong

  38. Achmad Fauzi
    Achmad Fauzi
    2 bulan yang lalu

    Wah covid tuhπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  39. Suhardi Jkt
    Suhardi Jkt
    2 bulan yang lalu

    Saya yakinmereka semua teroris ingin masuk sorga dengan cepat tapi punya pemahaman yg salah

  40. MAmin Andi
    MAmin Andi
    2 bulan yang lalu

    Terororis rupanya sesuai pahamnya tega membunuh dirinya dan orang lain berarti sepertinya dia tega mrmbunuh dan rela dibunuh.Sangat berbahaya sekali hidup dimasyarakat Semoga putusanmya harus tegas.Semoga hendaknya

  41. Imi
    Imi
    2 bulan yang lalu

    Wahabi ikut melahirkan kelompok radikal

  42. Yusuf Saidmuhammad
    Yusuf Saidmuhammad
    2 bulan yang lalu

    UU

  43. Mutadzekir Machfoedz
    Mutadzekir Machfoedz
    2 bulan yang lalu

    Pelakunya orang super pekok

  44. wiwin k
    wiwin k
    2 bulan yang lalu

    Berantas teroriiis!!

  45. Gusti Rajini Kalimantan Selatan
    Gusti Rajini Kalimantan Selatan
    2 bulan yang lalu

    Saya biar gak masuk surga, krn saya tidak berani membunuh, dan saya tidak mau di bunuh,

  46. Bans Phati
    Bans Phati
    2 bulan yang lalu

    Sudah TIDAK HERAN.. Dengen pemikiran seprti itu,. Janji Janji,sorga,sorga, prrretttttttt ,..disetiapkasusseprtiini ,ditahuntahun lalu,/kejadian yg sudah" ,... Ini pengantin, pengantin seperti ini, orang" yg Fanatik terlalu benar dgn pemahamanNya sendiri. Jadi mudah untuk menjadikannya seperti itu.

  47. Gun Yoyok
    Gun Yoyok
    2 bulan yang lalu

    Kok blm ada berita yg menjadi bom bunuh diri itu orng yg mampu dlm ekonominya.

  48. Ferdi Zuliansyah
    Ferdi Zuliansyah
    2 bulan yang lalu

    Satu satunya cara ya tembak mati aja itu para terrorist jng dipenjara kelamaan kwatir nanti pas bebas akan buat teror lg ke masyarakat banyak

  49. bang lay
    bang lay
    2 bulan yang lalu

    pelakunya sendiri pembunuh...

  50. Amirudin Marketing Hamada Store
    Amirudin Marketing Hamada Store
    2 bulan yang lalu

    tar Tulis komentar publik... Amirudin Marketing Hamada Store Bom Bunuh Diri Itu JAHAT bukan Jihad. seandainya sabuk peledal merupkan jalan ringkas menuju syurga, pasti orng yang berfatwa membolehkan bom bunuh diri tidak akan membiarkan dirimu mengamilnya (jalan ringkas menuju syurga) ..! Rasulullah shallallhu 'alaihi wassalam bersabda : "Barang siapa membunuh dirinya dengan sesuatu di dunia, dia disiksa dengan (alat tersebut) pada hari kiamat." (HR. Bukhari)

  51. Khairil Anwar
    Khairil Anwar
    2 bulan yang lalu

    Semua apa yg terjadi baik di makasar maupun di jakarta yg suka mengkafir kafirkan org lain yg tidak sejalan dgn dirinya sama persis dgn isi atau ocehan sdr Rizik selama ini termasuk sdr Rizik tdk percaya pd pemerintah yg sah jdi tdk salah kalo saya katakan bahwa sdr Rizik beserta gerombolannya adalah masuk dlm gerombolan TERORIS

  52. Culun Channel
    Culun Channel
    2 bulan yang lalu

    Didiklah anak anda dengan baik

  53. Teresia Teresia
    Teresia Teresia
    2 bulan yang lalu

    Bahaya ajaranya,semakin memicu orang2 yg kerdil otaknya,knapa ajarannya kaya gitu.makin kacau ajaran keyakinan mereka

  54. Rully Armansyah
    Rully Armansyah
    2 bulan yang lalu

    Hati- hati ..saudara2ku kaum muslim .... banyak orang2 yg menyesatkan pikiran dan melemahkan keimanan umat muslim ....,, merekalah ..kaum ateis ..kaum hedonis..kaum kapitalis... kaum sekularis .. kaum materialis ... dsb.. waspadalah..! ( Pegang teguh Alquran dan hadist ... )

  55. PRESIDEN KITA
    PRESIDEN KITA
    2 bulan yang lalu

    TIDAK ADA TEMPAT UNTUK TERRORISME DI INDONESIA.

  56. NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    2 bulan yang lalu

    HaramBagiMuslim bikinTeror

  57. NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    2 bulan yang lalu

    Dimedsos 911WTC mengaduDombaAgamaDanMenghancurkanISlam flatEarth medsos

  58. NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    2 bulan yang lalu

    Dimedsos aksiTeror 100000%olah ElitGlobalNasional FEMEDSOS flatEarth medsos

  59. NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    NIKMATSANTUNBERBAGI BAROKAHSEDEKAH
    2 bulan yang lalu

    Dimedsos suaraKebenaran akanMenggema dikeabadian FEMEDSOS flatEarth medsos

  60. roeveno alberto
    roeveno alberto
    2 bulan yang lalu

    Isi curahan hati yang datang dari pikiran sendiri aja nyontek, ga heran saya dia di do dulu pas kuliah, hadoh

  61. Tiwie
    Tiwie
    2 bulan yang lalu

    Media2 yang nyebarin paham Radikal bagusnya di blokir ,kasian generasi muda di manfaatin utk hal2 keji spt ini

  62. jack adzka
    jack adzka
    2 bulan yang lalu

    Doktrin

  63. El choco
    El choco
    2 bulan yang lalu

    Masa iya si mabes sampai kecolongan Ketat n psti diperiksa sebelum masuk

  64. fatmah zahra
    fatmah zahra
    2 bulan yang lalu

    Terus knp dia bisa masuk dg bersenjata apa gk di periksa

  65. nur yadi
    nur yadi
    2 bulan yang lalu

    Oyah??? masa sih POLRI tidak sanggup utk mengurai mata rantai sampai ke pangkal ny sih....

  66. junaedi juned
    junaedi juned
    2 bulan yang lalu

    Orang bunuh diri tempat nya neraka jahanam intipnya neraka paham coy begitu juga membunuh orang sama tempatnya jahanam juga coy

  67. Bambang Wahyuditrfd
    Bambang Wahyuditrfd
    2 bulan yang lalu

    NASIR ABBAS ..MEMANG ORANG PINTAR!!! AHLI STRATEGI SEKALIGUS SANGAT PAHAM SECARA DETAOLπŸ˜€πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜πŸ˜†πŸ€£πŸ˜πŸ€ͺπŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜›πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  68. Adie radinal
    Adie radinal
    2 bulan yang lalu

    yg dislike pasti komplotanx ya.. wkakakakaka

  69. Muhammad Tamzid
    Muhammad Tamzid
    2 bulan yang lalu

    Aneh bin bingung

  70. Dunia Maya
    Dunia Maya
    2 bulan yang lalu

    Ada apa dn mngapa sasaran teroris bnyk tr7 pda pnegak hukum Mf....klw pertanyaan sya trllu bodoh...

  71. Ari Ardiana
    Ari Ardiana
    2 bulan yang lalu

    I see "rangakain"

  72. Raka bayden raka
    Raka bayden raka
    2 bulan yang lalu

    Kasihan melanial salah memilih guru yg tidak bener,bukan meninggalkan surat wasiat yg baik,to meninggalkan surat wasiat menyusahkan orang tua.Mikir...mikir.

  73. Fateh Keren
    Fateh Keren
    2 bulan yang lalu

    Jangan di tangkap kasiannn

  74. Nar G Sus
    Nar G Sus
    2 bulan yang lalu

    Scene maker gabut?

  75. Air Soca
    Air Soca
    2 bulan yang lalu

    Revolusi akhlak

  76. Air Soca
    Air Soca
    2 bulan yang lalu

    Revolusi akhlak

  77. yulianto rahardjo
    yulianto rahardjo
    2 bulan yang lalu

    makanya sodara-sodara sekalian, kalo mau ikut pengajian, cari yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan bukan yang meningkatkan kemarahan dan peperangan, dah gitu aja

  78. Iqbal Iksan
    Iqbal Iksan
    2 bulan yang lalu

    Yang dislike di atas kemungkinan teman teman mereka juga

  79. Liaulliaa 98
    Liaulliaa 98
    2 bulan yang lalu

    Gue sebagai umat muslim memilih untuk tabayyun dan tidak mudah menerima informasi. Dont trust anything you see even salt like sugar. Rasulullah saja mempunyai toleransi tinggi dengan mengatakan lakum dinikum waliyadin lalu Allah adalah Ar Rahman dan Ar Rahim. Membunuh adalah dosa karena bunuh diri pun termasuk dosa paling berat. Tau dan cari tau karena hadith pun ada sahih ada yang enggak kita perlu tabayyun

    1. Liaulliaa 98
      Liaulliaa 98
      2 bulan yang lalu

      @Hj makmum Alawia siapa dia?

    2. Hj makmum Alawia
      Hj makmum Alawia
      2 bulan yang lalu

      Dia anggap semua ajaran alqur an ngawur ...hoax semuanya...

  80. OLALA_OLELE
    OLALA_OLELE
    2 bulan yang lalu

    Nayla latifah mantan pacarnya abdurrrahmanlatief merasa heran kenapa bisa medsod jadi alat pengrekrut anak muda biar jadi golongan mereka "teroris"..ya.. Allah, astagfirullah kenapa mereka kawula muda bisa tergoda dan terbius radiasi radikal..padahal kaum muda mudi punya pikiran panjang untuk dipikiri.. Mana yang benar mana yang salah.. Astagfirullah..

  81. yayansri handayani
    yayansri handayani
    2 bulan yang lalu

    Dr awal za.pengangkatan kapolri yg non muslim.bnyk yg teriak2 nyinyir.pemerintah dzolim lah.rezim kafir lah.yaa ini bukti buah dr hasil teriak2 kapolri non muslim adlh kptsan rezim kafir..mulai lah narasi ini

  82. Aan Sudarmaji
    Aan Sudarmaji
    2 bulan yang lalu

    Ujaran/dakwah2 provokatif radikalisme yang sudah lama ditoleransi pemerintah pada akhirnya berbuah, Bravo densus88

  83. Sunardi Nardi
    Sunardi Nardi
    2 bulan yang lalu

    Terlalu berani seorang wanita menyerang mabes polri sangar,,,

  84. Andika Pratama
    Andika Pratama
    2 bulan yang lalu

    Wanita wanita berhijrah yg katanya dapat hidayah lalu menggunakan jilbab bahkan cadar, ternyata inilah hidayahnya

  85. Danny Habibie
    Danny Habibie
    2 bulan yang lalu

    Ayo sp y tu yg paling sering mengkafir2 orang klo gk sepaham ma merekaπŸ˜€πŸ€”πŸ€”

  86. Abdul Razak
    Abdul Razak
    2 bulan yang lalu

    Kasian Mati konyol..

  87. Mora The Explorer
    Mora The Explorer
    2 bulan yang lalu

    Khawarij.

  88. Dino Merah
    Dino Merah
    2 bulan yang lalu

    Jadi ke inget waktu dulu pas kerja di Tuban,jalan Pantura di tutup total saolnya ada teroris😎 Tapi mereka rata sama aparat di TubanπŸ‘

  89. Anna Anna
    Anna Anna
    2 bulan yang lalu

    Gambar foto sebelum ngebom kok jelas banget yaa...trus sapa yg membuat foto itu yaaa...

    1. wahyu muhasifatul
      wahyu muhasifatul
      2 bulan yang lalu

      Cctv dr mobil

  90. Aliya Zahwa
    Aliya Zahwa
    2 bulan yang lalu

    Super hiro masuk markas. Orang bodoh yg bisa ngelakuin begitu..keren dech

  91. wildan khatfy
    wildan khatfy
    2 bulan yang lalu

    Radikal extrimis teroris semakin nyata d depan mata

  92. BOX TV OFFICIAL
    BOX TV OFFICIAL
    2 bulan yang lalu

    Arwah nya pasti jerit kesakitan truss... Yg ada gentayangan.. Segampang itu masuk surga?? Mikir??!!!??

  93. Dewi Budiasih
    Dewi Budiasih
    2 bulan yang lalu

    Khawarij gilo Duo Duo...

  94. Algojo Zero
    Algojo Zero
    2 bulan yang lalu

    na'udzubillah himindaliq, laknat tu orang bukannya mati sahid

  95. Syafiatus Harjo
    Syafiatus Harjo
    2 bulan yang lalu

    Berarti kalo catting di media gampang dong dicari jejaknya dan temannya SHG bisa di interogasi.

  96. adihari ramijan
    adihari ramijan
    2 bulan yang lalu

    Teroris sudah buta mata hati.

  97. Frans Setiawan
    Frans Setiawan
    2 bulan yang lalu

    Saran saya sih sebaiknya isi Quran yg sensitif itu sebaiknya disensor sama kyk yg di China sana, ayat2 yg radikal sebaiknya jgn dimuat, itulah yg membuat bibit2 terorisme bermunculan dan pasti akan semakin banyak

  98. Evander Gultom
    Evander Gultom
    2 bulan yang lalu

    Ini Ya, Para Teroris Itu Siap Mati, dan keinginan nya untuk Mati JADI Jangan di Turuti . "TANGKAP , INTROGASI, SIKSA, JANGAN KASIH MATI". SIKSA SAMPE BUKA MULUT, JANGAN LEMBEK SAMA TERORIS YG MEMANG SUDAH SIAP MATI.

  99. agung setiadi
    agung setiadi
    2 bulan yang lalu

    mengerikan...serigala berbulu domba...kaum sesat lupa kalau negara ini bukan kaleng-kaleng yang bisa jadi barang mainan...TUMPAS PARA PENGKHIANAT IBU PERTIWI, SAMPAI KE AKAR-AKARNYA.

  100. juniar juniar
    juniar juniar
    2 bulan yang lalu

    Yg aq perhatikan..mereka yg trtangkap dn sblm melakukan bom mukanya serius amat..gk ada sukacitax. Pdhl kn.mau ke surga mestinya kn muka ceria..kasihan yg mendoktrin..tunda terus ke surgax.