Gus Miftah Menjawab Tudingan Kafir dan Sesat, Setelah Ceramah di Gereja

44 000 Ditonton 4,1 jt

KOMPAS.TV - Dai Nahdlatul Ulama Miftaim An'am alias Miftah Maulana Habiburrahman atau populer dipanggil Gus Miftah jadi kontroversi.

Video Gus Miftah berceramah atau menyampaikan orasi kebudayaan di acara peresmian Gereja Bethel Indonesia (GBI) Amanat Agung, Penjaringan, Jakarta viral.

Banyak orang dan netizen menuding Gus Miftah kafir dan sesat. Dalam Program Rosi Spesial Lebaran, Gus Miftah menjawab tudingan tersebut.

Berikut cuplikan Gus Miftah di program Rosi yang akan tayang Kamis, 13 Mei 2021 pukul 20.00 WIB. (*)

Content creator: Ekmal Muhammad
Video Editor: RENGGA


Komentar

  1. Fatkhurohman Dio
    Fatkhurohman Dio
    Jam Yang lalu

    2:8

  2. Nana Pepin98
    Nana Pepin98
    Jam Yang lalu

    Luar biasa Ini la contoh yg baik👍

  3. Ukar Sukatma
    Ukar Sukatma
    Hari Yang lalu

    Saya setuju denganmu pa gus mmantap

  4. Dana Danu
    Dana Danu
    Hari Yang lalu

    Inget Kunci surga kalimat syahadat

  5. duty cycle
    duty cycle
    Hari Yang lalu

    Mbuh lah

  6. Bayu Muhano
    Bayu Muhano
    Hari Yang lalu

    hati2 memilih guru

  7. Wahid Abadi
    Wahid Abadi
    Hari Yang lalu

    Indonesia, butuh Dai yg punya karakter sepertimu Gus, bisa masuk disemua lini, tidak semua Dai bisa sptimu Gus, Njenengan Gus Dur Jaman Now, Ngluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake

  8. Fauzan
    Fauzan
    Hari Yang lalu

    Cuma pakai kata² mutiara kah?😂😂. Salam damai indonesia

  9. Komar Udin
    Komar Udin
    Hari Yang lalu

    Cerdas👍

  10. Muhammad sofi
    Muhammad sofi
    2 hari yang lalu

    Kalau gue sih tetep NU Jawa timur aja

  11. Amazone Forest
    Amazone Forest
    2 hari yang lalu

    Salut buat Kang Gus...👍👍👍

  12. Ahmad Arif
    Ahmad Arif
    2 hari yang lalu

    Blok

  13. Agus Oke
    Agus Oke
    2 hari yang lalu

    Juni

  14. Mbah Soenan
    Mbah Soenan
    2 hari yang lalu

    BENER NJENENGAN GUS, MUNGKIN ARAHNYA KE PERSONAL.. KALAH LARIS😂😂

  15. ceker glopot999
    ceker glopot999
    3 hari yang lalu

    siapa gondrong itu

  16. Nurhariri Nurha
    Nurhariri Nurha
    3 hari yang lalu

    Gusmiftah. Itu orang alim jgn di remehkan dosa

  17. Gatut Yulianto
    Gatut Yulianto
    3 hari yang lalu

    Mantap Gus Miftah

  18. Zaky ART
    Zaky ART
    4 hari yang lalu

    mantapp.. gus

  19. Konyak Tohako
    Konyak Tohako
    4 hari yang lalu

    Mantab gus..👍👍🥰🥰🤲🤲

  20. Saipul Saja
    Saipul Saja
    4 hari yang lalu

    Penghianat gus miftah,,,

  21. Azka Aldric
    Azka Aldric
    4 hari yang lalu

    Ada Uang Kemanapun Datang Nggak Ada Uang Tidak Menerima Undangan😂

    1. Andre Tuhehay
      Andre Tuhehay
      4 hari yang lalu

      Abang bukan cuman uang 🙏🙏🙏

  22. Maya Ningsih
    Maya Ningsih
    4 hari yang lalu

    Wkwkqkw

  23. Rizki Endai
    Rizki Endai
    5 hari yang lalu

    Miftah bohongģggggggggg

  24. Firman Syah
    Firman Syah
    5 hari yang lalu

    Sing penting isine amplop🤣🤣🤣🤣 sampe lali karo larangane🥳🥳🥳

    1. Mbah Soenan
      Mbah Soenan
      2 hari yang lalu

      Karena amplop itu tadi yg menjadikan para penceramah jadi saling gontok berebut pasar

  25. Den Aira
    Den Aira
    5 hari yang lalu

    Akhir zaman

  26. Asyo Man
    Asyo Man
    5 hari yang lalu

    Seandainya kh asyem asyari masih ada. Kalian akan ditampar

  27. R A
    R A
    5 hari yang lalu

    Kebablasan toleransi 🤣

  28. mas baron
    mas baron
    5 hari yang lalu

    Gmna kmu guuuuuuus. Kok smpai gni.

  29. Aidiil ksp musik studio8
    Aidiil ksp musik studio8
    6 hari yang lalu

    Orang yg pandai berkata kata itu Itu lah orang yang banyak melakukan ke bohongan.. Seperti gus miftah Dari awal saya liat dia dakwah saya sudah kurang suka Karena banyak ke janggalan dari omongan nya

  30. Joko Nugroho
    Joko Nugroho
    6 hari yang lalu

    Menurut saya betul

  31. Mely Glow
    Mely Glow
    6 hari yang lalu

    kacau....

  32. chaaa nyos
    chaaa nyos
    6 hari yang lalu

    pinter ngomong, kelakuan zonk. LOL LU COOOKZ

  33. Moh Makmur
    Moh Makmur
    6 hari yang lalu

    Koreksi diri lah, sampeyan jg mulut ga bs di jaga,,,goublok2in org seenak perut nya....jgn merasa paling benarrr lahhh...buat apa byk memualaf kan, tp mulut dgn gampang nya & seenak nya goublok2in org....

  34. Muhammad Nasir
    Muhammad Nasir
    6 hari yang lalu

    😁

  35. Muhammad Nasir
    Muhammad Nasir
    6 hari yang lalu

    Semakin kita memahami mana ustazd abal abal dan mana ustazd yg bisa kita,

  36. Tarsa Sa
    Tarsa Sa
    6 hari yang lalu

    Udah Gus Semua Orang Kaya Gitu Mah Labrak Aja Semuah Aku Meluuu....

  37. Hengky Kono Hessa Allen
    Hengky Kono Hessa Allen
    7 hari yang lalu

    ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

  38. Sahrul Ramadan
    Sahrul Ramadan
    7 hari yang lalu

    Intinya 1 Ke imanan dan kepercayaan hanya pada Allah, yang nentuin salah tidaknya hanya Allah, kenapa dibuat masala, dia itu se orang gus pasti sudah tau mana yang benar dan yang salah, soal ibadah, kok dibuat rame

    1. Asyo Man
      Asyo Man
      5 hari yang lalu

      Berarti jika ibumu dan istrimu ngentot dgan lelaki lain. Kau diam saja ya. Biar allah yg mengadili mereka

  39. Sukasno Sukanto
    Sukasno Sukanto
    7 hari yang lalu

    ngomong kl ada duitnya yang haram jadi halram ya gus.sono ke greja lg lumayan

  40. haerdhy 07
    haerdhy 07
    7 hari yang lalu

    Celeh, dr awal muncul saya pun tidak suka dr awal (sama sekali ga suka) ust terlalu lebay!!!!!! Mending dengerin ust khalid dan sahabatnya malah adem

  41. Sufira Missol
    Sufira Missol
    7 hari yang lalu

    Terbaik bosku

  42. Azahra
    Azahra
    7 hari yang lalu

    coba kacamata dilepas gus tah,

  43. Ofall 2A
    Ofall 2A
    7 hari yang lalu

    Putra mbah moen : orang NU tidak seperti itu, itu bukan orang NU

  44. Dayat Hidayat
    Dayat Hidayat
    7 hari yang lalu

    Saur saur gus

  45. Maxie Mamuly
    Maxie Mamuly
    7 hari yang lalu

    Dikarenakan Gus Miftah,....mencintai keharmonisan beragama. Janganlah kalian menjadi, panitia surga... Gus Miftah masih tetap mencintai Allah.

  46. 甘い約束
    甘い約束
    7 hari yang lalu

    Ora bermaksud menghukumi lan ngafir"no koe Gus.. tpi iku wes tertulis Ng dalil hadist" shohih.. mbuk kiro awk dewe ngomong tanpo alesan ngunu ta?? Ngajio maneh gus

  47. Galaxy Cell
    Galaxy Cell
    7 hari yang lalu

    Toleransinya terlalu gaspoll jd bablas

  48. Gedang ijo-
    Gedang ijo-
    7 hari yang lalu

    Orang yang joss...memang memiliki tantangan yg sulit, mugo terus slamet guss

  49. RuQiyah islam
    RuQiyah islam
    7 hari yang lalu

    🤫🤫🤫🤫😭

  50. Er Fand
    Er Fand
    8 hari yang lalu

    Setiap orang ini ceramah saya tidak percaya lagi Sebelumnya saya suka kata" Beliau Skr tidaaaaaaaaaakkkkkkk

    1. Teuku Indra
      Teuku Indra
      5 hari yang lalu

      Setujuuu

  51. Putra Bobson
    Putra Bobson
    8 hari yang lalu

    Uda dibeli rangkaian kata2 ny dibeli tuh

  52. Wirahadi 123
    Wirahadi 123
    8 hari yang lalu

    Orng msuk greja blm tentu ktisten orang jongkok blm tdntu dia bdrak

  53. Zuni Aliatin
    Zuni Aliatin
    8 hari yang lalu

    Semoga Gus ini diberi petunjuk Allah SWT,,😂😂😂

  54. Marsiti Nurzan
    Marsiti Nurzan
    8 hari yang lalu

    PPKN lah intinya... kerukunan antar umat beragama..

  55. Ulul 9G
    Ulul 9G
    8 hari yang lalu

    Lihat film Omar apa hukum nya

  56. A haji
    A haji
    8 hari yang lalu

    Jgn kpedean gus...

  57. A haji
    A haji
    8 hari yang lalu

    Itu toleransi yg salah kaprah...Gaaaaatot gus...bner2 memusingkan ...sgralah bertaubat...mmpung nyawa masih d kandung badan

  58. Upi Amar
    Upi Amar
    8 hari yang lalu

    Camkemmu gus

  59. Neng Sofyandi
    Neng Sofyandi
    8 hari yang lalu

    Jd ilfill sm gus miftah

  60. MK CHANNEL
    MK CHANNEL
    8 hari yang lalu

    Luar biasa.. GM God Bless you

  61. Dimas Ary
    Dimas Ary
    8 hari yang lalu

    Tergantung amplope piro🤣

  62. awink susanto
    awink susanto
    8 hari yang lalu

    Saya kurang yakin sama ini orang.

  63. Ld junaedi Mubar
    Ld junaedi Mubar
    8 hari yang lalu

    .mantap...

  64. Ketek Bau
    Ketek Bau
    8 hari yang lalu

    Yg komentar negatif belum tentu lebih baik.

  65. Bernadeta Lenggoe
    Bernadeta Lenggoe
    8 hari yang lalu

    Gus Miftah adalah sosok yg pe

  66. Sofyan SH Channel
    Sofyan SH Channel
    8 hari yang lalu

    Sejauh ini, saya tidak mau menghukumi orang lain, titik. Hopppp.

  67. Rian Saputra
    Rian Saputra
    9 hari yang lalu

    Tong kosong nyaring bunyinya gus sok jagoan

  68. joni wagianto
    joni wagianto
    9 hari yang lalu

    mantul..... Gus

  69. Endang Tri Irianingsih
    Endang Tri Irianingsih
    9 hari yang lalu

    Astagfirulohaladzim.........smga Gus miftah mendapatkan hidayah ,lier ngabandunganana

  70. Trimin Kenyung
    Trimin Kenyung
    9 hari yang lalu

    Betul...pantesna jd penyanyi dangdut..aja Miftah ini..jgn jd uztadt...dia sombong..omonganya jorok..sekali klo ceramah..sllu mengecilkan orlain...

  71. Azwar Lubis
    Azwar Lubis
    9 hari yang lalu

    Memang Gus Miftah ini sombong, anggar jago, sok benar sendiri, angkuh dan bandel...tak mau minta maaf dan tobat

  72. Mevi siswanto
    Mevi siswanto
    9 hari yang lalu

    Bagus gus miftah smua trgntung niatnya yg pnting tdk ikut wktu pribadatan itu sja dn kt wajib mnghormati nya

  73. zulhendra hendra
    zulhendra hendra
    9 hari yang lalu

    Soal&jawaban yg tepat🙏🏻🇮🇩💪🏼Dunia&Akhirat Hubungan manusia&Hubungan manusia dgn Allah.Berjuang terus di jln Allah saudara Qu Bhineka tunggal Ika Wssllm dr Hamba Allah🇮🇩🙏🏻

  74. Kurniawan Wahyu pratama
    Kurniawan Wahyu pratama
    9 hari yang lalu

    Gus mifta tanpar

  75. Nun Gesang
    Nun Gesang
    9 hari yang lalu

    apa yang salah dari pidato itu y? karena disana Gus miftah tidak ceramah tapi berpidato atau orasi. dan yang dibahas adalah wawasan kebangsaan dan toleransi kebinekaan.......

  76. Hp Oppo
    Hp Oppo
    9 hari yang lalu

    Urusan fulus angel angel wess...saya ikut maklum guss ancen fulus kuat

  77. Dian Poetra
    Dian Poetra
    9 hari yang lalu

    Kebanyakan baca puisi..

  78. Akbar taufan 61
    Akbar taufan 61
    10 hari yang lalu

    Hore rame lgi dunia cepet kiamat dong biar aman

  79. Al Imron
    Al Imron
    10 hari yang lalu

    Bacaan kitab nya aja belepotan si agus.liat hp juga baca nya bukan hapal dari luar kepala

    1. Kampung Tiktok
      Kampung Tiktok
      9 hari yang lalu

      Sok bijak lu,, cuma bisa komentar gabisa nalar

  80. Sujikan Oi
    Sujikan Oi
    10 hari yang lalu

    demi uang🤣🤣

  81. Muslim Khan
    Muslim Khan
    10 hari yang lalu

    Hati2 mencari guru

  82. was giuk
    was giuk
    10 hari yang lalu

    Sejuk sekali orasi gus Miftah.. Merangkul semua atas nama kemanusiaan 🙂

  83. Siko Silo
    Siko Silo
    10 hari yang lalu

    liberal

  84. Muhamad Fazri
    Muhamad Fazri
    10 hari yang lalu

    Ea benar itu kerukunan beragama

  85. Iskandar Plb
    Iskandar Plb
    11 hari yang lalu

    Munafik,

  86. Sonowar Sono
    Sonowar Sono
    11 hari yang lalu

    Ngomong opo toh miff miff....toleransi kebablasan...

  87. Keam Bronk
    Keam Bronk
    11 hari yang lalu

    iman dan akidahnya sudah rusak ..tinggal sedikit agamanya gus gus

  88. fadil ashar
    fadil ashar
    11 hari yang lalu

    Para tukang baper yang nyindir gus miftah.. Soalnya masuk TV terus wkwkw

  89. DILENDRA BAHRI
    DILENDRA BAHRI
    11 hari yang lalu

    Saya kagum sama anda gus .... Patut di contoh ... Rukun dalam sesama walau beda keyakinan ... Mengahargai sesama ..

  90. Yu A
    Yu A
    11 hari yang lalu

    Menghormati tdk hrs ceramah di greja.pinter ngomong kakean cangkem.

  91. yasin23 Yasin
    yasin23 Yasin
    11 hari yang lalu

    kebablasan

  92. MAJAKARYA project
    MAJAKARYA project
    12 hari yang lalu

    Ngundang orang tu mbok di liyat efeknya.bwt apa klw kontennya bikin heboh 1 planet megalodon n dobolodon..🤣isinya kok eker ekeran terus lebih baik sn kek bagi'' rejeki sembako atau apa masih banyak muslim n non muslim yg masih susah di luar sn. itu lebih realistis drpd ngomong ngalor ngidul gk jelas podo saling membela diri njalok podo bendere dewe.

  93. allians baihaqi
    allians baihaqi
    12 hari yang lalu

    mereka masih gampang masuk angin gus...

  94. Sivit Sarivitra
    Sivit Sarivitra
    12 hari yang lalu

    Miftah tak ada ilmu sebenarnya kawan. Baca quran semua fatal apalagi kalam hadist 😂

    1. Kampung Tiktok
      Kampung Tiktok
      9 hari yang lalu

      Jangan sok alim

    2. Kampung Tiktok
      Kampung Tiktok
      9 hari yang lalu

      Tak ada ilmu?? Mata lu dimana

  95. FAUSTIN AERBAY CHANNEL
    FAUSTIN AERBAY CHANNEL
    12 hari yang lalu

    Sy salut Gusmisftah👍👍👍👍

  96. Sukadi Aksa
    Sukadi Aksa
    12 hari yang lalu

    Lanjutkan Gus,banyak wong pinter tapi sedikit orang ngerti.

  97. Nurjana Rima
    Nurjana Rima
    12 hari yang lalu

    Sudah luntur keimanaan gus" seenak mucung mu brkata

  98. Nur Aulia
    Nur Aulia
    12 hari yang lalu

    Dengan masuk nya dan mengisi acara di greja itu Artinya udah mencampuri ibadah orang lain.

  99. punup punup
    punup punup
    12 hari yang lalu

    Agus mangkuk