Analisa Tulisan Tangan Dalam Surat Wasiat Pelaku Teror, Grafolog: Didominasi Rasa Tidak Aman

19 000 Ditonton 187 rb

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca-insiden penembakan di Markas Besar Polri kemarin, polisi menyebut sang pelaku teroris bernama Zakiah Aini, bertindak atas inisiatif sendiri atau lone wolf.

Meski demikian, polisi terus menelusuri keterlibatan perempuan kelahiran tahun 1995 itu dengan jaringan-jaringan teroris di tanah air.

Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama mengutuk keras aksi serangan teror di Mabes Polri.

PBNU menekankan agama apapun tidak membenarkan kekerasan .

Serangan yang dilakukan di Mabes Polri dengan dalil apa pun tidak bisa dibenarkan.

Pelaku penyerangan di Mabes Polri diidentifikasi sebagai seorang perempuan, berumur 25 tahun, dan melakukan penyerangan seorang diri atau lone-wolf.

Dari dua kasus aksi teror yang terjadi kurang dari sepekan ini polisi turut menemukan barang bukti surat wasiat.

Sama seperti teroris aksi bom bunuh diri di Makassar.

Surat itu, ditulis menggunakan tangan di secarik kertas.

Isi kedua surat wasiat ini, memiliki pola yang mirip, yakni sama-sama ditujukan kepada orang tua masing-masing.

Selain sama-sama menulis surat wasiat, kesamaan lainnya yakni kedua pelaku sama-sama berusia muda yang tergolong kaum milenial bahkan gen z.

Apakah ada fenomena baru terkait keterlibatan perempuan dalam aksi terorisme?

Ataukah memang perempuan sebetulnya menjadi target dari aksi teror?

Kita bahas bersama Peneliti Terorisme Serve Indonesia, Dete Aliyah.

Lalu ada Grafolog ISOG - Indonesian School Of Graphology, Deborah Dewi.

Serta ada Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid, yang bergabung via telepon.

Komentar

  1. figan albinus
    figan albinus
    Bulan Yang lalu

    Kupas tuntas terorisme

  2. acb7 chord
    acb7 chord
    2 bulan yang lalu

    LABA ITU BUNGA . BUAH ??? :O ??

  3. Ahmad Sujaryo
    Ahmad Sujaryo
    2 bulan yang lalu

    Itu otaknya bootloop

  4. Rully Armansyah
    Rully Armansyah
    2 bulan yang lalu

    Hallaahh.... bisa2nya elu ..aja itu..mah

  5. Chika Mbot
    Chika Mbot
    2 bulan yang lalu

    Berita tapi depannya halo halo halo........ga cocok dan bikin kaget

  6. Christina Handayani
    Christina Handayani
    2 bulan yang lalu

    Bless you mrs Deborah

  7. Saudi Cell
    Saudi Cell
    2 bulan yang lalu

    efek stress urusan dunia,ambil jln pintas menuju akhirat (yg otaknya di cuci) ya ALLAH...berilah kesejahteraan dan kedamaian di dunia ini atas rahmat MU...

  8. Wihalma Yana Eka Kati
    Wihalma Yana Eka Kati
    2 bulan yang lalu

    ibu debora ini pasti pintar bgt, cara penyampaian dan analisisnya mudah dipahami

  9. Suryani22
    Suryani22
    2 bulan yang lalu

    Lebih pintar cara pandang ibu Deborah ini dari pada Ade Armando. Yg katanya sdh P R O F E S O R.

    1. L&T Indo
      L&T Indo
      2 bulan yang lalu

      Lebih pintar cara pandang pak Ade Armando dari pada lu, yg sok2an menilai kepintaran org dgn menyindir titlenya.

  10. Kusnanto Fauzan
    Kusnanto Fauzan
    2 bulan yang lalu

    ANALYSIS PHYSICOLOG: "BERAGAMIS BERBEDA DENGAN SKOLAIR", BIASANYA HASIL KESIMPULANNYA JUGA BERBEDA ??

  11. sita Tan
    sita Tan
    2 bulan yang lalu

    Karna perempuan punya mental yg kemah, menurut ISIS mereka paling gampang di pengaruhi

  12. Muhammad Abdi
    Muhammad Abdi
    2 bulan yang lalu

    2:20 ada yang ngeh ,, "sebestul "

  13. mutiara emde
    mutiara emde
    2 bulan yang lalu

    Aiman suka motong pembicaraan,

  14. Jejen Jaelani
    Jejen Jaelani
    2 bulan yang lalu

    Hore BLBI bebas

  15. Daruhum channel
    Daruhum channel
    2 bulan yang lalu

    Debora perlu dapat penghargaan tertinggi di dunia ilmu pengetahuan bahkan sangat pantas dapat penghargaan international dari seluruh ahli ahli dunia ilmu pengetahuan, dgn cara ibu ini kita sadar bhw segala teroris yg pernah dituduhkan adalah salah ternyata. Debora is de best .

  16. sadar boss
    sadar boss
    2 bulan yang lalu

    Tulisan gua juga mencong2 begitu. Apakah gua teroris??🤣 Padahal mah gara2 pas sekolah males nulis🤣🤣

  17. Siti Rahmah
    Siti Rahmah
    2 bulan yang lalu

    Smga anggota teroris di mn sja sgera sadar.. Klok jlan yg mereka ambil adalah slah..

  18. ChenThema Stories
    ChenThema Stories
    2 bulan yang lalu

    Hrsnya wanita itu punya hati lbh lembut kenapa bisa spt ini??

  19. Siswanto Bin sojo
    Siswanto Bin sojo
    2 bulan yang lalu

    3cor tekan dislike

  20. gatot kaca
    gatot kaca
    2 bulan yang lalu

    Teroris kok gitu... ! masa iya teroris kaya gitu sih.. planga plongo !

  21. Abdullah
    Abdullah
    2 bulan yang lalu

    hati2 kata amrozi hanya butuh waktu 2jam untuk rekrut jadi anggota baru,

  22. eren jäger
    eren jäger
    2 bulan yang lalu

    kok gue malah sedih dengan penjelasan ahli grafologi yang sederhana dan mudah dipahami tapi, ini aiman yang buat jadi ribet. wawancaranya ditingkatkan lagi lah, saran aja

  23. Mu'minah Hilmi
    Mu'minah Hilmi
    2 bulan yang lalu

    Itu Napa bisa lewat si ZA dari pintu gerbang?

  24. Bintang Hasbi story
    Bintang Hasbi story
    2 bulan yang lalu

    masih masuk akal film detektif conan.. hayo ada apa negeri ini? hati2 pengalihan isu kasus2 besar yang dilakukan para dedengkot penguasa republik ini, jangan sampai kita digiring opini.

  25. Shantiroo Delegend
    Shantiroo Delegend
    2 bulan yang lalu

    Apakah mereka sedang dalam pengaruh HYPNOTIS?????

  26. Putery Anggraini
    Putery Anggraini
    2 bulan yang lalu

    Apa sih dipotong2 ngmg nya ganggu aja,jadi gk ngerti yg dgr arrgghhhh..

  27. Suhaila Suhaila
    Suhaila Suhaila
    2 bulan yang lalu

    Zakiah Aini. Wanita super hiro. Binaan....., sampai dapat senjata, masuk mabes Polri yang keamanan berlapis, kok Wanita super hiro membawa senjata sofgun menembak polisi. Mengemparkan jagatmaya. Aneh bin ajaib. Mabes Polri diacak acak. Mantap Zakiah Aini super hiro yang pandir dungu adalah aparat

  28. Pelangitasya cankaWinona
    Pelangitasya cankaWinona
    2 bulan yang lalu

    Itu grombolan HRS masih di beri ruang dan tempat 😊 buang di tengah laut dong

  29. Linda Karlinna
    Linda Karlinna
    2 bulan yang lalu

    Sulit ya membendung ajaran radikal? Atau memang dilakukan pembiaran oleh banyak pihak?

    1. Daruhum channel
      Daruhum channel
      2 bulan yang lalu

      Ini analisa Debora membatalkan semua teroris yg pernah terjadi di dunia.

  30. Bre cietozs
    Bre cietozs
    2 bulan yang lalu

    pak robikin tlng sampaikan pda pemuda 2 ina untuk jangka panjang ina

  31. Fretdin Mei Sihotang
    Fretdin Mei Sihotang
    2 bulan yang lalu

    Yg utama itu didorong spiritual..yg lain itu hanya pelengkap atau pendukung atau pelengkap..emang ada yg berbeda spiritual mau jadi teroris????? Mikir..

  32. mario berek
    mario berek
    2 bulan yang lalu

    kalian ngomongin orang seperti itu, tapi kalian main game nya game teroris nonton nya tentang teroris jadi ngak ada bedah nya jangan lah menghujat satu sama lain gue tersingung ni dgn kata kata nya.

  33. Mesya
    Mesya
    2 bulan yang lalu

    Hei ahli.....prett ahh..

  34. Joger67 67
    Joger67 67
    2 bulan yang lalu

    Perbakin gimana pak? senjatanya dr mana?

  35. Salem Faisal
    Salem Faisal
    2 bulan yang lalu

    Sungguh perbuatan bodoh dan tak punya akal sehat,

  36. Kharis Chennel
    Kharis Chennel
    2 bulan yang lalu

    Gua kesel ama emak emak yang ngomong di menit pertama

  37. Bangun Theofaldy
    Bangun Theofaldy
    2 bulan yang lalu

    Sama sama utang ;) ada penekanan disitu

  38. labalaba
    labalaba
    2 bulan yang lalu

    Knp hrs pakai kt pmbukaan kompas..yg lain jg..dan knp hrd sub..kn dtasiun tv..ngapai d sub

  39. nornani azis
    nornani azis
    2 bulan yang lalu

    Ini bukan dari cctv

  40. nornani azis
    nornani azis
    2 bulan yang lalu

    Tya pak...siapa yg videokan ini

  41. JONBOBIE
    JONBOBIE
    2 bulan yang lalu

    Aiman suka motong omongan.. kalo ngak motong omongan tangan sibuk kayak mau tinju.. wkwkwkkw aiman aimun aimen...

  42. Afanjoo Aman
    Afanjoo Aman
    2 bulan yang lalu

    Hidup hanya sebuah permainan..yg benar bisa jadi Salah.. Yg Salah bisa jadi benar..tergantung manusia nya.. PREEETTT semua nya..

  43. Suhaila Suhaila
    Suhaila Suhaila
    2 bulan yang lalu

    Bagaimana komentar kalian perampok berteriak rampok. Koruptor BANSOS bantuan sosial buat rakyat kecil. Lebih sadis. Teror yang menghancurkan, kalau kolega para koruptor. Jangan tersingung, memang kenyataan

  44. Sontoloyo Ngibul
    Sontoloyo Ngibul
    2 bulan yang lalu

    Tindakan nya atas inisiatif sendiri. Makin jelas aja kayanya ada permainan di balik rentetan kejadian. Mayatnya pas di dalam ambulan paling tertawa, sambil berkata 'Sukses'!

  45. RakyatJelata
    RakyatJelata
    2 bulan yang lalu

    jiwa2 labil target mudah tuk direkrut jaringan teroris. secara psikologis pun, orang yg sedang labil, mudah di hasut. filter atau saringan dlm otaknya sedang gelap. masukan hasutan apapun dilahapnya.

  46. Vendi Pradana
    Vendi Pradana
    2 bulan yang lalu

    Mungkin pelaku di ancam oleh non-M...

  47. Ketapang Agusalim
    Ketapang Agusalim
    2 bulan yang lalu

    Mbak nya kesurupan

  48. Vladimir putin
    Vladimir putin
    2 bulan yang lalu

    cemas karna jomblo terlalu lama, cemas karna takut jadi perawan tua , awokwokwowk

  49. Totok ya
    Totok ya
    2 bulan yang lalu

    Knp gk di tembak kakinya sj biar bs di intograsi dia kan cm perempuan🙂

  50. Zulmi ziana
    Zulmi ziana
    2 bulan yang lalu

    YG HARUS DI BURU & DI BRANTAS ITU AKTOR "PENCUCI OTAKNYA" BABAT HABIS 😕😕 ANJIM BGT TUH ........ 😕😬

  51. Ardianto Pratama
    Ardianto Pratama
    2 bulan yang lalu

    Ada narasi apa lagi yaa hmmmm

  52. Rodian Wae
    Rodian Wae
    2 bulan yang lalu

    Kl soal pola tulisan yg berubah2 bsa krna bnyak faktor.. mungkin kecapean, lg meriang flu covid😁 psikolog kadang suka bikin ngakak😄

  53. Mr Han
    Mr Han
    2 bulan yang lalu

    YG JELAS NI CEWEK DAH SAKIT JIWA.

  54. setiawan 1495
    setiawan 1495
    2 bulan yang lalu

    yg.jelas.ada.kebencian..hati

  55. Anam TV gass
    Anam TV gass
    2 bulan yang lalu

    Tetap semangat dan siapsiaga untuk polri dan TNI semoga Allah SWT memberikan kemenangan dan kesehatan Amin

  56. Zakki Owl
    Zakki Owl
    2 bulan yang lalu

    Serumit ini ya analisa tulisan seseorang tapi keren banget analisanya 😍

  57. Man wang
    Man wang
    2 bulan yang lalu

    polisi jadi penegak hukum yg adil dan benar donk !! jangan jadi mafia hukum yg cari duit dari kasus melulu

  58. Bismalam Malam
    Bismalam Malam
    2 bulan yang lalu

    Merekayang mati itu cuma pion,, klo mau memberantas teroris langsung dari akarnya..

  59. Darni Kalbar
    Darni Kalbar
    2 bulan yang lalu

    jelas adalah..itu pistol dpat di mnaa

  60. Fahmi 32
    Fahmi 32
    2 bulan yang lalu

    Kebanyakan pengikit riziek cabul calon teroris,

  61. Rhm YTS
    Rhm YTS
    2 bulan yang lalu

    TIDAK ADA TEMPAT DI TANAH AIR UNTUK TERORIISS..... TANAH AIR HANYA UNTUK KORUPTOR.... (setuju???

  62. Dian Yatasha Pangestu
    Dian Yatasha Pangestu
    2 bulan yang lalu

    Duh, Mas Aiman terkesan memaksakan pendapatnya, yang ahli kan Mbak Deborah, secara penyampaian sudah jelas dan rinci kok, kalau istilahnya A ya A, jangan pakai maksa pakai bahasa lain, nanti beda maknanya. Mungkin karena durasi mengharuskan Mas Aiman memotong pernyataan Mbak Deborah, tapi setiap Mas Aiman mengajukan pertanyaan malah banyak kata-kata yang diulang, kepanjangan :( Sayang aja, soalnya narasumbernya bagus sekali. Hanya opini oribadi dan semoga jadi masukan ya..

  63. Rama Pratama Putra
    Rama Pratama Putra
    2 bulan yang lalu

    Apakah ini fitnah Dajal? Dajal memerintahkan kepada petinggi negara di luar sana untuk menciptakan teroris berbalut muslim, untuk mempengaruhi pandangan dunia terhadap muslim sehingga muslim dipandang radikal dan teroris.

  64. Hirendra Kusuma
    Hirendra Kusuma
    2 bulan yang lalu

    Yg di rekruit orang yg labil mentalnya dan kurang belajar agamanya shg mudah sekali di cuci otak

  65. Raska ID
    Raska ID
    2 bulan yang lalu

    Fix.. Isi surat nya adalah pemahaman khalifah..yang di ajarkan HTI

  66. Sarifudin Udin
    Sarifudin Udin
    2 bulan yang lalu

    Seandainya tidak di tembak mati kan tahu kejelasannya,, terlalu cepat mengambil keputusan untuk menghilangkan nyawa seseorang

  67. Hana Rosalina
    Hana Rosalina
    2 bulan yang lalu

    Bisa beli pistol dari mana ya? Pasti ada yang ngajarin gimana cara pake nya. Orang yang insecure biasa nya butuh pengakuan manusia/pujian dunia. Pasti kurang di hargai juga oleh orang tua nya. Miris spiritual nya rendah, gak ada hub dengan Allah.

  68. cecep sukendat
    cecep sukendat
    2 bulan yang lalu

    janganlah salah didik. asah budi pekerti, kerukunan dan kasih sayang. selamatkan saudara saudara kita yang tersesat

  69. martina dewing
    martina dewing
    2 bulan yang lalu

    Sad sih berita neh bgini😭

  70. Kuntari Kuntari
    Kuntari Kuntari
    2 bulan yang lalu

    Tdk usah nunggu org melaporkan tp lihat dakwah2nya di youtube2 langsung tangkap saja, spt para teroris di tangkap tanpa ada laporan dr pihak manapun

    1. Kamer Gultom Gultom
      Kamer Gultom Gultom
      2 bulan yang lalu

      Betul. Pendakwah yg intoleran masih bebas gentayangan.

  71. Mirasantika a
    Mirasantika a
    2 bulan yang lalu

    berbuat kesalahan pasti akan menuai hukuman di dunia maupun di aherat

  72. hadi yanto
    hadi yanto
    2 bulan yang lalu

    yang jadi pertanyaan besar, kenapa perempuanya dibunuh? tidak dilumpuhkan saja,,, kan bisa digali informasi lebih banyak,, dibanding cuma tulisan tangan,,

  73. Budi Santosa
    Budi Santosa
    2 bulan yang lalu

    Sejak masih intoleran dan radikal, sdh hrs diberantas...kalau nggak, ya kita tanam terus bibit terorisme

  74. Yori Indra
    Yori Indra
    2 bulan yang lalu

    Masih percaya.....

  75. Khoirun Nisa
    Khoirun Nisa
    2 bulan yang lalu

    Tadi ngomong "namun..." dipotong, jadi nggak diterusin deh😪.

  76. KAUM YEHUDA
    KAUM YEHUDA
    2 bulan yang lalu

    BERHARAP... kiranya pihak2 terkait menyelidiki kelompok2 tertentu dmn anak2 muda yg otaknya dicuci shg kejadian saat ini. KIRAnya PEMERINTAH jg,mengeluarkan SERTIFIKASI U/para penceramah....

  77. Don't Miss it
    Don't Miss it
    2 bulan yang lalu

    Apa kabarnya ali kalora di poso woi

  78. Supri Yatna
    Supri Yatna
    2 bulan yang lalu

    Komennya sok paling bener semua....😁😁😁

  79. Basaria Sitanggang
    Basaria Sitanggang
    2 bulan yang lalu

    Sbg partisipasi masyarakat terhadap keamanan negri ini,perlu digalakkan lg dgn ronda d setiap mlm di setiap rt sprt zaman dulu.Spy masyarakat jg perduli keamanan lingkungan sendiri Ttp semangat.🙏🙏🙏

  80. randa turun gunung
    randa turun gunung
    2 bulan yang lalu

    Wahai saudara dan saudariku sesama muslim BERSABARLAH ,,,

  81. Joe Kristian
    Joe Kristian
    2 bulan yang lalu

    ibu pertiwi lebih bersedih pastinya.kehilangan anak2 muda yg menjadi harapan bangsa.

  82. YT ku
    YT ku
    2 bulan yang lalu

    Apa iya begitu..??

  83. ardian suhendra
    ardian suhendra
    2 bulan yang lalu

    makanya cara berfikir itelektual kadrun2 rata2 rendah.....

  84. puji luv chanel
    puji luv chanel
    2 bulan yang lalu

    Di suratnya kok sebut nama pak ahok..ada masalah apa dengan pak ahok?? Kenapa harus pak ahok yg di tulis dalam surat wasiatnya..

  85. hendri chairil
    hendri chairil
    2 bulan yang lalu

    Btw mbak presenternya cantik

  86. hugo boss
    hugo boss
    2 bulan yang lalu

    ngawur ini cewe kl ngomong,,sok pinter aja,,kunyuk,,pembohong besar,,jelas itu teroris,ikutin jalan nabi,

  87. Emi Parwati
    Emi Parwati
    2 bulan yang lalu

    Mbak tolong jangan main tiktok di belakang pak 👮 ..

  88. hatman_ cuw
    hatman_ cuw
    2 bulan yang lalu

    jika kau mencintaiku maka tembaklalah aku

  89. Ali M
    Ali M
    2 bulan yang lalu

    Eh mbak2 yg di belakang pak polisi tu gak sopan banget...masak ada wawancara malah tiktokan😣

  90. dva dvha
    dva dvha
    2 bulan yang lalu

    Salah satu alasan knapa eks wni anggota isis tak boleh sampe pulang ke indo, krn akan menebar teror ke indo

  91. Yadi ahmad666
    Yadi ahmad666
    2 bulan yang lalu

    Tolong dong openingnya gak usah lebay,gw baru buka video nya bikin kaget

  92. King Gamers
    King Gamers
    2 bulan yang lalu

    Aneh bin ajaib, bisa2x masuk lewat pos pengamanan yg begitu ketat dan berlapis,tapi dengan mudahnya bwh senjata

  93. RADEN MAULANA
    RADEN MAULANA
    2 bulan yang lalu

    Ngak mungkinlah. Ini org sendirian. Pasti ada dalang dibalik Itu Cewe ngelakuin Itu. Dan pasti salah datang Ke tempat Ilmu. Makanya belinger. Safe Indonesia. Basmi teroris dan Radikal

  94. Elkana Sitepu
    Elkana Sitepu
    2 bulan yang lalu

    Sampai kapankah Indonesia ini penuh dengan kebohongan publik ....jadi apa sebenarnya tujuan teroris itu dan sumbernya kok selalu berulang ulang terjadi.....

  95. treea astuti
    treea astuti
    2 bulan yang lalu

    Trus Yg bunuh 6 ank gmna kbr nya ?

  96. CMBG Channel
    CMBG Channel
    2 bulan yang lalu

    kan kalo sudah mati motifnya jadi banyaj dugaan apakah dia disuruh atau bertindak sendiri , makanya kenapa harus ditembak mati...lumpuhkan aja lalu tangkap dan interogasi , clear kan ? panik boleh tapi otak harus cerdas

  97. ingan apul sitepu
    ingan apul sitepu
    2 bulan yang lalu

    Para pelindung dan penyubur teroris tingkat atas terlebih politikus tingkat atas dan para penyebar paham terorisme harus diselesaikan dulu. Pelaku jadi korban mereka dengan mengadu domba antar golongan bahkan dengan negara.

  98. Aqeel Rausyanfikr
    Aqeel Rausyanfikr
    2 bulan yang lalu

    Emg bnr ya kerjasama bank itu riba? Bnr2 g tau gw

    1. BRILI BRILIAN
      BRILI BRILIAN
      2 bulan yang lalu

      Yup,,

  99. shitty piggy
    shitty piggy
    2 bulan yang lalu

    Bisa gak seluruh mukanya di sensor aja serem banget sumpah 😌

  100. eko nugroho
    eko nugroho
    2 bulan yang lalu

    Ketika seseorang memiliki kebencian dalam dirinya, maka itu salah satu modal awal kelompok2 teroris untuk menanamkan faham radikal, dan ketika terjadi aksi terorisme, kemudian sebagian masyarakat Indonesia menganggap itu hanya sebuah sandiwara yg sdh disetting atau hanya pengalihan isu, maka itu jg menjadi angin segar / penyemangat buat kelompok2 teroris, seperti apa yg diungkapkan oleh Ali Imron